Alfaedah – Berikut ini akan kami share Bacaan Doa Ketika Nabi Yunus a.s Berada Dalam Perut Ikan Nun. Seperti diketahui, Nabi Yunus ialah seorang nabi dalam agama samawi yakni Islam, Yahudi dan Kristen. Beliau ditugaskan untuk berdakwah kepada orang Assyiria di Ninawa – Iraq, yaitu suatu kaum yang keras kepala, penyembah berhala, dan suka melaksanakan kejahatan.

Singkat cerita, selama di Ninawa hanya ada 2 orang yang bersedia menjadi pengikutnya, yaitu Rubil (seorang yang alim bijaksana) dan Tanuh (seorang yang damai dan sederhana). Karena Nabi Yunus tidak tahan lagi dengan kaum Ninawa yang keras kepala, kemudian Ia pergi dengan murka dan jengkel sambil meminta Allah menghukum mereka (Kaum Ninawa).

Keadaan Nabi Yunus sesudah pergi dari Ninawa tidak menentu. Ia mengembara tanpa tujuan dengan frustasi dan merasa berdosa. Akhirnya ia datang di sebuah pantai, dan melihat sebuah kapal yang akan menyeberangi laut. Ia menumpang kapal itu, dan dikala telah berlayar tiba-tiba terjadi topan yang hebat. Kapal bergoncang, dan para penumpang setuju untuk mengurangi beban dengan membuang salah seorang di antara mereka ke laut.

Doa Nabi Yunus Ilustrasi: Ikan Paus

Undian pertama jatuh pada Yunus, namun undian diulang alasannya ialah penumpang merasa Yunus tidak layak dibuang sedang ia orang yang mulia. Tapi pada pengulangan yang kedua, dan ketiga, tetap nama Yunus yang keluar. Yunus sadar itu ialah kehendak Allah, ia kemudian rela menjatuhkan diri ke laut. Allah kemudian mengirim ikan Nun (paus) untuk menelan Yunus. Di dalam perut ikan Nun, Yunus bertobat meminta ampun dan derma Allah, ia bertasbih selama 40 hari dengan berkata dan/atau berdoa sebagai berikut :

Doa Nabi Yunus Dalam Perut Ikan Nun (Paus)

لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ

LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN

Artinya :
Tidak ada ilahi yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sebenarnya saya ialah termasuk diantara orang-orang yang berbuat dzalim.

Allah SWT mendengar doa Yunus, dan Memerintahkan ikan nun mendamparkan Yunus di sebuah pantai. Allah Yang Maha Penyayang menumbuhkan pohon labu, agara Yunus yang kurus dan lemah tak berdaya sanggup bernaung dan memakan buahnya. Setelah pulih, ia diperintahkan kembali ke Ninawa, dimana ia kemudian kaget melihat perubahan penduduk Ninawa yang telah beriman kepada Allah. Yunus kemudian mengajari mereka tauhid dan menyempurnakan kepercayaan mereka.

Doa Nabi Yunus dikala berada dalam perut ikan paus disebutkan dalam Al-Qur’an Surat Al-Anbiyaa’ Ayat 87-88 yang berbunyi sebagai berikut :

وَذَا النُّونِ إِذْ ذَهَبَ مُغَاضِبًا فَظَنَّ أَنْ لَنْ نَقْدِرَ عَلَيْهِ فَنَادَى فِي الظُّلُمَاتِ أَنْ لا إِلَهَ إِلا أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّي كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ (٨٧) فَاسْتَجَبْنَا لَهُ وَنَجَّيْنَاهُ مِنَ الْغَمِّ وَكَذَلِكَ نُنْجِي الْمُؤْمِنِينَ (٨٨

Artinya :
Dan (ingatlah kisah) Dzun Nun (Yunus), dikala ia pergi dalam Keadaan marah, kemudian ia menyangka bahwa Kami tidak akan mempersempitnya (menyulitkannya), Maka ia menyeru dalam Keadaan yang sangat gelap: “Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau. Maha suci Engkau, Sesungguhnya saya ialah Termasuk orang-orang yang zalim.” Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari pada kedukaan. dan Demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman. (QS. Al-Anbiyaa’ : 87-88)

Kisah Nabi Yunus ini juga pernah disebutkan oleh Nabi SAW :

دَعْوَةُ ذِى النُّونِ إِذْ دَعَا وَهُوَ فِى بَطْنِ الْحُوتِ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّى كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِينَ. فَإِنَّهُ لَمْ يَدْعُ بِهَا رَجُلٌ مُسْلِمٌ فِى شَىْءٍ قَطُّ إِلاَّ اسْتَجَابَ اللَّهُ لَهُ

Artinya :
“Doa Dzun Nuun (Nabi Yunus) dikala ia berdoa dalam perut ikan paus adalah: LAA ILAAHA ILLAA ANTA SUBHAANAKA INNII KUNTU MINAZH ZHAALIMIIN (Tidak ada ilahi yang berhak disembah kecuali Engkau, Maha Suci Engkau, sebenarnya saya ialah termasuk diantara orang-orang yang berbuat aniaya). Sesungguhnya tidaklah seorang muslim berdoa dengannya dalam suatu dilema melainkan Allah kabulkan baginya.” (HR. Tirmidzi no. 3505. Syaikh Al Albani menyampaikan bahwa hadits ini shahih).

Itulah bacaan doa nabi yunus dikala berada dalam perut ikan paus (nun) yang sanggup kami share menyerupai dilansir dari banyak sekali sumber. Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua. Amin 

Alfaedah.id –